Sen. Agu 3rd, 2020

Bupati Tahun Panen Sayur di Kebun Percontohan Desa Noemuke

TTS, kupangmedia.net | Bupati TTS Eugusem Piter Tahun, melaksanakan panen sayur di area Inovasi Pertanian Holtikultura Ramah Lingkungan Berbasis Demplot (Kebun Percontohan) Desa Noemuke, Amanuban Selatan, TTS, saat melakukan pengresmian bangunan fisik dana desa 2020, Selasa (14/7/2020).

Bupati TTS bersama, Ketua DPRD dan seluruh Forkopimda TTS membeli sayuran hasil kerja keras masyarakat Desa Noemuke selama kurang lebih satu bulan terakhir ini sebagai bentuk apresiasi dan motivasi bagi masyarakat, agar tetap memanfaatkan kebun percontohan tersebut untuk meningkatkan gizi dan ekonomi keluarga.

Bupati TTS sangat mendukung upaya pemerintah Desa Noemuke dan partisipasi masyarakat akan kesadaran kebutuhan bahan pangan termasuk sayur-sayuran.

“Manfaatkan dan optimalkan potensi yang ada, kami sangat mendukung hal baik bagi masyarakat, kalau bisa perluas lagi lahannya.” Pesan Bupati TTS itu.

Sedangkan Camat Amanuban Selatan, John Asbanu saat ditemui wartawan usai kegiatan tersebut, dirinya sangat berterimakasih kepada Chrisna Foundation yang telah bekerjasama dengan pemerintah Desa Noemuke menghadirkan Kebun Percontohan dengan berbagai varietas yang ditanam yakni, sayur putih, tomat, lombok, kacang panjang, patola, brokoli, bayam, wortel, kolam ikan, dan lain-lain.

“Kami rencana kedepan akan adopsi program taksin yang sementara digencarkan oleh Bapeda, kami sangat mengharapkan dukungan seluruh elemen masyarakat untuk bisa melaksanakan program ini agar menuntaskan angka kemiskinan dan menurunkan angka stunting.” Harap Camat John Asbanu.

Terpisah dengannya, Kepala Desa Noemuke, mengatakan bahwa ada 16 varietas yang ditanam, tapi ada tanaman unggulan. “Ada 16 varietas yang kami tanam di Kebun Percontohan tersebut, tapi yang menjadi unggulan disitu yakni tomat dan lombok, karena perhitungan kami, pada bulan Desember 2020, tomat dan lombok itu susah, nah pada saat itu kami panen dan siap pasarkan sebagai pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat TTS.” Kata Kepala Desa Semryes O. Lette. (*Yeter Tetty

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Portal Berita Kupang Media adalah Portal Berita Daerah Nusa Tenggara Timur | Newsphere by AF themes.